Jumat, 24 November 2017

Konservasi Pantai Cemara

PANTAI CEMARA


Pantai cemara yang terletak di Desa Pakis Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi ini memiliki jenis pantai yang berbeda dari pantai lainya yang berada di Kota Banyuwangi ini.
Tempat ini punya pasir hitam yang bersih, pemandangan indah Selat Bali, dan ribuan pohon cemara yang tumbuh subur di sepanjang pantai. Ribuan pohon Cemara Udang tersebut tidak tumbuh dengan sendirinya. 

Sekitar tahun 2011, para nelayan di desa pakis membuat rencana untuk ditanami bibit pohon cemara. Bibitnya didapat bantuan dari pemerintah. Dahulu pantai tersebut tidak seindah sekarang, dulu pemandangan pantai cemara kering, gersang dan pasar. Namun sekarang berbeda, pantai cemara menjadi tempat yang rindang dan nyaman.








Tahun 2017, para nelayan kembali menanami sekitar seribu bibit cemara laut dan pantai tersebut kemudian menjadi kawasan konservasi hutan cemara. Dengan perkembangan waktu, pantai Cemara menjadi salah satu destinasi wisata yang dipilih oleh wisatawan. Mereka juga membuat sebuah kolam ikan di wilayah zona inti untuk memanfaatkan lahan. Selain menikmati rindangnya pohon cemara, pengunjung bisa melihat banyaknya anak penyu di area konservasi yang sudah ada sejak lama.

Setelah menetas, bayi-bayi penyu yang lucu tersebut dirawat di penampungan yang ada di area Pantai Cemara sebelum dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar